From My Mind, My Soul and My Heart

Sunday, December 17, 2006

Selamat Hari Buruh Migran Internasional!!!!!!!!!!!!!!




Hari ini 18 Desember 2006, hari buruh Migran Internasional, saya cuma make a wish dalam hati, semoga saja TKI Indonesia memperoleh kehidupan dan perhatian lebih dari pemerintah. Selama ini para pahlawan devisa kita itu adalah kaum terjajah dan teraniaya, mereka terancam keselamatannya di negeri orang, dipalak di negeri sendiri dan tak dipedulikan seolah sampah.
Kalau mengikuti hati saya, saya sangat sedih melihat kenyataan ini, mengapa rakyat kita harus cari makan di Negara orang, jadi “bedinde” doang lagi, apakah sesuap nasi, selembar pakaian dan sepetak rumah layak tak mampu disediakan oleh bangsa besar ini kepada rakyatnya?, hingga rakyatnya harus woro- woro “mbabu” di Negara orang?
Saya nangis kalau membayangkan itu, bayangkan rekan-rekan TKI itu sebelum berangkat “mbabu” saja sudah diperah di negaranya sendiri, kebanyakan dari mereka, maksud saya mereka-mereka yang kurang beruntung harus hidup setengah gak layak di penampungan, keluar duit banyak meskipun untuk buang hajat dan hidup empet-empetan kayak ayam yang siap dipotong, itu masih di Negara sendiri, belum dikirim…Pas dikirim, beberapa dari mereka yang engga beruntung, dapet majikan yang kejam berhati tiga perempat iblis, yang rela nyiksa, memperkosa, gak ngasih makan dan yang parah gak digaji, Tuhaaaaan….
Dan nasib buruk gak sampai situ aja, ketika pulang pun mereka harus nerima perlakuan kejam pula dari bangsanya sendiri, Terminal III, adalah momok bagi TKI, disana mereka di palak dan di preteli.

Betapa kompleksnya penderitaan mereka, saya membayangkan saja sudah merinding, kenapa Pemerintah belum melakukan action yang berarti?Saya engga pernah mimpi kok kalo Perintah harus menjadi superman mendadak, saya cuma berharap pemerintah sedikit saja memberi perhatiannya, minimal mulailah tertibkan Terminal III, hentikan pemalakan dan penjarahan TKI disana, mereka adalah pahlawan devisa kita, merekalah korban ketidak berhasilan bangsa ini menghidupi dan memajukan mereka, mengapa mereka harus kembali menjadi sapi perah di terminal kepulangan mereka?Haruskah kita budek dan buta melihat kenyataan ini?


Selamat Hari Buruh Migran Internasional, 18 Desember 2006, Legal Counsel Room, 12:39

No comments:

Put Your Comment Here........